Saturday 30 May 2015

Jenis iblis yang menjerumuskan manusia ke dalam jurang kesesatan itu banyak sekali. Bahkan banyak ulama berpendapat  bahwa dalam menyesatkan manusia iblis itu mempunyai spesifikasi keahlian tersendiri sesuai dengan bidangnya . yang ahli menggoda orang shalat tugasnya hanya menggoda orang shalat, yang mengkufurkan orang yang beriman tugasnya hanya menkufurkan dengan berbagai tupu daya dan propaganda yang menyesatkan,begitu seterusnya.
Mengenai  hal ini ada keterangna yang bersumber dari Umar binh Khatab  ra bahwa keturunan iblis yang mempunyai tugas menggoda dan menjerumuskan manusia (ke lembah kesesatan ) itu ada Sembilan,yaitu.

1.       Iblis zailatun
Iblis ini bertugas untuk menjerumuskan para pedagang di pasar agar berdusta, dan mengurangi timbangan, membuat onar di antara para pedagang, dan melakukan bujuk rayu kepada para pedagang agar melakukan penyimpangan dan kecurangan dalam aqad jual beli, dengan diiming-imingi agar cepat kaya.
Maka dari itu barang siapa yang mengikuti ajakan iblis zailatun untuk melakukan kecurangan dalam jual beli akan mendapat ancaman yang sangant besar.
Ada keterangan yang bersumber dari Abu dzar ra .. ia berkata : rosulullah saw pernah bersbda : ada tiga orang dimana allah swt tidak akan melihat mereka pada hari kiamat ( tidak memberikan rahmat ), tidak membersihkan dosa mereka, dan mereka juga  akan mendapatkan siksaan yang amat pedih. Abu Dzar ra berkata  : rosutulullah saw mengatakan ( hal terseb) sampai tiga kali “aku berkata: mereka akan menyesal dan merugi,siapa mereka itu ya rosulullah?. Lalu ia bersabda:
A.      Orang orang yang menurunkan kainnya (hingga menutupi kedua mata kakinya)
B.      Orang-orang yang suka mengungkit-ngungkit pemberiannya.
C.      Dan orang yang menjual barang dagangannya dengan sumpah palu.( HR.Muslim).

2.   Iblis wawatsin
Iblis wawatsin adalah iblis yang bertugas menggoda dan menjerumuskan orang yang beriman agar selalu menggerutu, tidak sabar dan tidak ikhlas setiap kali menerima musibah, atau cobaan dari allah swt.
“sesungguhnya wanita-wanita yang  merintih( lantaran menerima musibah )ini akan di jadikan kelak di hari kiamat dua barisan dalam neraka  jahanam, satu barisan berada disebelah  kanan pendudukj neraka dan satu barisan lagi berada di sebelah kiri, akhirnya mereka menggonggong kepada penduduk ahli neraka, sebagai mana layaknya anjing-anjing yang menggonggong.”(HR. Ath-Thabranii)
Oleh karna itu, syri’ah memerintahkan utnuk bersabar dan ikhlas setiap kali menerima cobaan dan musibah dari allah ta’ala sebab setiap musibah itu ada hikmah yang terkandung di dalamnya.
Jika seseorang sudah tidak mampu mengendalikan  emosinya, maka iblis dengan mudah menjerumuskan dirinya kedalam perbuatan munkar.
Hanya keimanan dan ketakwaan yang kuat dan kesabaran yang tinggi  yang dapat menangkalnya  dari gangguan  dan bujuk rayu iblis wawtsin.
3.       Iblis akwan
iblis ini bertugas menyesatkan para dan mempengaruhi para remaja dan para pemimpin umat .supaya selalu berbuat dzalim , menjauhi hal-hal yang ma’ruf, menanamkan kesenangan berbuat mungkar dan maksiat.
Cara yang di gungakan iblis akwan dalam menherumuskan remaja yang beriaman ke dalam lembah kemaksiatan adalah bermacam-macam. Perbuatan yang jelas munkarnya itu dikemas dengan baik sehingga tidak terkesan sebagai perbuatan maksiat, gal ini dilakukan oleh iblis akwan untuk menaris simpati dari reman beriman agar mau melakukannya. Termasuk memperhalus istilah-istilah yang berbau maksiat dan munkar.
Dalam menjerumuskan para pemimpin umat, iblis akwan selalu mendorong pemimpin itu untuk berbuat dzalim,  merampas hak rakyat , bertindak sewenang-wenangnya , korupsi, manipulasi, serta iblis akwan juga menanamkan rasa ketakutan di hati para pemimpin akan kemiskinan  jika mereka tidak berbuat dzalim, curang dalam bertindak,mumpung masih berkuasa agar kekuasaannya itu digunakan sebaik mungkin untuk berbuat munkar dan maksiat, baik terhadap rakyatnya maupun kepada allah swt.  Kalau ini sudah berhasil , maka iblis akwan akan lebih mudah lagi menenggelamkan mereka kedalam lumpur kemaksiatan , akhirnya jadilah mereka pemimpin yang durhaka.
Untuk pemimpin yang sberbuat dzalim seperti di atas akan medapatkan siksaan yang amt pedih. Sebagaiman di sebutkan dalam pirmannya.
“ sesungguhnya dosa itu atas orang-orang yang berbuat dzalim kepada manusia dan melampaui batas di muka bumi tanpa hak. Mereka itu mendapat adzab yang pedih ( QS. Asy-Syuura 42:42)
    Itu lah di antara ancaman siksa bagi para pemimpin yang berbuat dzalim di muka bumi ini dan mengikuti jejak iblis akwan.
4.       Iblis hafaf
Iblis ini bertugas untuk menyesatkan dan menjerumuskan kaum muslimin ke lembah  nista yang berlumur dosa dengan cara melakukan tipu daya dan bujuk rayuan agar kaum muslimin melanggengkan miniuman khamer. Sebab jika sesorang sudah meminum khamer  dan mabuk , maka segala bentuk kemungkaran yang lain dengan mudah ia laksanakan . seperti berzina, membunuh, berbuat aniaya , mencuri, dan segala kemungkaran yang lain
Agar tidak tertipu oleh  bujuk rayu iblis hafaf, allah telah mempenringati kaum muslimin agar tidak meminum khamer, karena khamer identic dengan setan., sebagaiman di sebutkan dalam pirmannya.
Hai orang- orang yang beriman, sesungguhnya (minuman) khamer, berjudi,( berkorban untuk) berpahala,mengundi nasib dengan panah,adalah perbuatan keji termasuk pebuatan setan. Maka jauhilah perbuatan perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.”( QS.Al-Maidah 5:90).
Di dalam hadist lain yang bersumber dari Anas ra, di katakana sebagai berikut: rosulullah saw melaknati sepuluh orang karena khamer. Yaitu.
a.        Orang yang memeras bahan khamer.
b.      Orang yang minta di perskan bahan khamer untuk diminumkan kepada orang lain.
c.       Orang yang minum khamer.
d.      Orang yang membawa khamer.
e.      Orang yang dituju untuk di bawakan khamer kepadanya.
f.        Orang yang menuangkan khamer kedalam gelas dan lainnya.
g.       Orang yang menjual khamer.
h.      Orang yang membeli khamer.
i.         Orang yang dibelikan khamer.
Demikian lah orang yang mengikuti iblis hafaf, yang mau menenggak khamer dan benda yang memabukan lainnya.
5.       Iblis Wamurah
Iblis ini bertugas untuk menjemrumuskan para penyanyi agar mendendangkan lagu yang penuh maksiat , mengajak berbuat munkar seta lagu-lagu yang bersait kebebasan tanpa etika. Juga menjerumuskan para penyanyi agar berpenampilan seronok, agar mengundang luapan nafsu dan  dan maksiat.
Oelh karena itu untuk menangkal bujuk rayu dan propaganda yang menyesatkanyang  ditiupkan oleh iblis Wamurah dengan menanamkan aqidah yagn kuat dan ahlak yang mulia.sebab dengan berpegang terguh  kepada kedua paktor di atas insaalah diri akan selamtan dari godaan iblis yang jahat ini.
6.       Ablis Laqwas
Iblis Laqwas adalah iblis yang bertugas mempengaruhi manusi agar tetap kafir, tetap musrik dan tetap menyembah berhala atau sesembahan lainnya selain allah swt. Sudah banyak orang yang di sesatkan oleh iblis Laqwas, terkadang ia mengganti bentuknya menjadi seorang syekh lalu memberikan pelajaran atau tunutna yang mengarah kepada kemusrikan dan pemurtadan dengan berbagai dalih seta promosi yang mengikat , sehingga banyak orang yang lemah imannya keluar dari jalur islam karena  mengikuti saran iblis Laqwas , hanya demi sesuap nasi, jabatan, kedudukan ,pekerjaan , fasilitas bahkan ada yang rela melepas keimananya demi sang kekasih.
Mengenai hal ini allah swt berpirman
“ hai anak adam , janganlah  sekali-sekali kamu dapat di tipu oleh setan sebagaiman  ia telah mengeluatkan dedua ibu-bapakmu dari surge( QS.AL-Araf 7:27)
Meskipun ada peringatan dari ayat di atas , masih banyak saja orang yang mengikuti iblis lakwas melakukan kekufuran dan kemusrikan . mereka mengira jalan yang mereka perbuatan merupakan jalan yang benar dan dapat memberi petunjuk yang benar kepada mereka, padahal jalan yang mereka tempuh itu sesat dan dapat mendatangkan siksa alla swt.
7.       Iblis A’war
Iblis ini bertugas untuk mempengaruhi dan menggoda laki-laki dan wanita untuk melakukan perbuatan zina, atau melakukan perbuatan maksiat lainnya.
Iblis A’war meggunakan “pandangan mata” sebagai cara yang paling ampuh untuk membakar nafsu kaum lelaki dan wanita untuk berbuat maksiat.
Mujahid berkata:  ketika wanita itu menghadap, maka iblis duduk di kepalanya untuk menghiasi wajah waita tersebut  agar tanpak menarik bagi orang yang melihatnya,dan jika wanita itu berpaling kebelakang , maka iblis di pantatnya untuk menghiasi pantat tersebut  agar tanpak menarik bagi orang yang melihatnya.
Apa yang di katakana mujahid di atas itu emang benar , sebab umumnya lelaki bila  melihat wanita  ketika berhadapan , maka yang [ertama kali di perthatikan adalh wajahnya. , ketika melihat wanita yang berjalan di depannya maka yang pertama kali di lihatnya adalha pantatnya, karna itu  memang tempatnya iblis.\
Nabi isa as pernah berkata : takutlah kamu memandang ( wanita), karena sesungguhnya memandang itu  dapat menumbuhkan syahwat didalam hati, dan ini sudah cukup mendatangkan fitnah.
Selain itu tugas iblis A’war adalah  mengencingi  orang supaya malas bangun untuk beribadah. Jika orang sudah malas bangun malam berarti  dirinya mentingkan tidurnya, tidak memikirkan tentang kehidupannya  nanti di akhirat, tidak mau bermunajat kepada alla swt berarti ada hal yang lebih penting  selain bermunajat. Kalau ini sudah menjadi kebiasaan seorang hamba , maka akan meudahkan   iblis untuk menjauhkan dia dari kegiatan agamanya, lama kelamaan dirinya akan bisa meninggalkan  aktivitas ibadah. Kalau sudah begini iblis tinggal menggiring dia untuk dijerumuskan  kedalam jurang kemaksiatan dan kekufuran.
8.       Iblis Al-Wasnan

Banyak orang yang terjerumus menjadi ahli maksiat, bahkan  dirinya sampai rela meninggalkan aqidahnya  yang disebabkan oleh malas beribadah. Malas ibadah itu menunjukan lemah keimanannya, bahkan keimanannya bisa sebagai lipstiki belaka. Sebagai pemanis bibir saja, buktinya ia mengaku beriman tetapi tidak mau beribadah , bahkan perintah agama ia tentang, larangannya ia terjang . orang-orang seperti inilah yang setia menjadi pengikut iblis AL-wasnan. Yang malas beribadah tetapi senagn bermaksiat.
Sebagaimana di sebutkan di dalam al Qur’an surat AL-an’am 142:
“dan jangan lah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sesungguhnya setan adalh musuh yang nyata bagi mu. ( QS,AL,An,Am 6:142)
Dengan demikian , bila ada orang yang malas beribadah , senagn berbuat munkar , maka dia tealh menjadi teman iblis.
9.       Iblis Dasim
Iblis ini bertugas untuk mempengaruhi, menggoda dan mendorong suami istri untuk melakukan penyelewengan. Dengan terjadinya penyelewengan , maka sudah tentu rumah tangga nya akan menjadi berantakan  , tidak harmonis , jauh dari kebahagian yang akhir nya jatuh pada perceraian. Inilah yang diinginkan oleh iblis daslim.
Dengan terjadinya perceraian , maka orang akan mudah untuk di giring berbuat mungkar dan maksiat , meskipun tidak sedikit  orang yang tidak menikah juga tenggelam dalam kemaksiatan . setidak-tidaknya orang yang sudah bercerai itu mudah dimampaatkan  oleh iblis untuk di jerumuskan dalam perbuatan nista, seperti zina dan perbuatan munkar lainnya, karna ia sudah tidak mempunyai tempat untuk menyalurkan kebutuhan biologisnya secara halal.
Sebab itu iblis sangat membenci keluarga yang rukun , damai dan sejahtera. Sebab keluarga seperti ini akan mendapatkan limpahan rahmat  dan berkah dari allah swt.


Itu lah nama- nama iblis yang  di katakana umar bin khatab yang  bertugaskan menyesatkan  manusia untuk dijerumuskan kedalam kefasikan,kemaksiatan , kemusrikan dan kekufuran. Yang nanti menjadi temannya di dalm neraka. Semoga allah swt menjauhkan dan menyelamatkan kita dari segala tipu daya iblis ini…


Aminn…………
Categories: ,

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!